Thursday, August 24, 2006
Tetangga oh tetangga..
Kali ini sedikit bercerita tentang tetangga.
Lucu juga ya punya tetangga baru, seperti yang baru-baru ini aku alami.
Tetangga barunya tidak tanggung-tanggung! Ada 3 rumah yang tadinya kosong sekarang sudah terisi. Tapiii...tetangga baruku menghasilkan sesuatu yang baru pula. Contohnya : pot bungaku pecah berkeping-keping dan tidak ada yang mengakui menjatuhkannya! Please deh, pakunya aja masih nancep di situ. Bagaimana mungkin pot bunga bisa jatuh tanpa terkena sesuatu? Ini kali ketiga pot bungaku jatuh dan pecah karena tetangga. Kok yakin tetangga yang melakukan? Karena mobil mereka tinggi, jadinya..pot bungaku terantuk dengan atap mobil. Karena itu, untuk menghindari pertempuran lebih lanjut, pot bunga yang masih selamat diturunkan saja. Gantinya, pot-pot diletakkan di bawah. Selesaikah sampai disitu? Eh, sayangnya belum, rupanya jalan masuk mobil yang pas-pasan, kecuali yang sudah ahli, membuat banyak mobil yang keluar masuk (fyi: yang keluar masuk cuma penghuni atau tamu penghuni,lho!)menabrak beberapa potku yang terletak di depan (maklum, tak berpagar). Waduh, pecah deh potnya. Sedih deh!
Memang sih, cuma pohon. Tapi khan ada effort jg untuk memeliharanya. Tiap pagi disiram, tiap minggu di siangi yang layu2 dan dipangkas yang sudah terlalu lebat, tiap bulan dipupukin, bonusnya dapet pohon palem hias yang cantik tak berpenyakit, bunga adenium yang rajin nongol, lengkuas yang sangat enak,trus juga lili paris yang super lebat...oooh...tetanggaku sayang...mana kasih sayangmu terhadap pohon?:((
Tetangga baru itupun tak ada yang memperkenalkan diri. Padahal rumah kami hanya berjarak sekian langkah saja. Tapi, namanya aku tak tahu, kerja di mana, dsb..dsb..yang perlu untuk mengenal seseorang laah..
Bukan,bukan karena aku tipe MTA (mau tahuuu ajaaa...), tapi aku merasakan juga bagaimana jadi tetangga baru. Kenalan dulu, klonuwon dulu kalo orang jawa bilang, kalo orang betawi bilang.."jangan kayak kedebong nganyut", mengenali satu-satu meraka, cari tahu namanya,dll. Minimal bisa senyum dan panggil nama kalau ketemu.Tidak sulit khan?
Tapi kenapa bisa begitu sulit dilakukan oleh orang2 baru itu? Adakah salahnya mengetuk pintu orang-orang lama untuk mengenalkan diri?
Kalau pertimbangan aku, kenapa harus kenal dan mengenal mereka, adalah karena aku akan hidup dalam satu komunitas, dan ada saat di mana, yang menjadi orang terdekat aku adalah tetangga, maka aku begitu membutuhkan mereka untuk membantu mengawasi dan menjaga rumahku, membantu kala aku kesulitan apapun (mulai listrik, air, dll), juga karena kenal dengan mereka bisa membuatku merasa aman dan nyaman saat suamiku dinas keluar, atau harus shift malam. Aku sendirian, tapi jika tempatku nyaman, aku tidak merasa takut.
Yaah...tapi itulah Jakarta. Saat tetangga berubah menjadi orang asing, saat kita juga terkadang dianggap asing.
Tapi, tetanggaku so far adalah tetangga-tetangga yang baik- dalam artian tidak macam-macam. Pernah dulu ada tetangga yang sering mabuk, pakai baju seenaknya, ribut seenaknya dan memasang tape radionya sekencang-kencangnya. Kenalkah dengan namanya? Tidak sama sekali. Merasa kehilangankah saat ia pergi? Maap saja, aku mensyukuri kepergian mereka. Aku berharap aku tidak demikian.
Tetangga oh tetangga...rasanya komunitas ini sekarang semakin individualis dan egois.
Jadi be a good neighbors ya frens...
posted by fsusanti @ Thursday, August 24, 2006  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
website metrics
about me
My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Just an Ordinary Women, who still trying reaching her dreams.

Yang Baru-baru
Archives
Shout Box
Links
Friendz of Mine
Kelas Menulis
  • Kelas Menulis-Hasyim
  • Kelas Menulis-Jonru
  • Kelas Menulis-Anung
  • Kelas Menulis-Awi
  • Kelas Menulis-Hanok/Iyas
  • Kelas Menulis-Leni
  • Kelas Menulis-Lily
  • Kelas Menulis-Maya
  • Kelas Menulis-Meu
  • Kelas Menulis-Ning Harmanto
  • Kelas Menulis-Rina
  • Kelas Menulis-Sya
  • Kelas Menulis-Tati
  • Kelas Menulis-Tina
  • Kelas Menulis-Yuyun
  • THANK YOU FOR VISITING THIS WEBSITE. BE A GOOD MOSLEM WHEREVER and WHENEVER YOU ARE

    Subscribe to PermataCimanggis
    Powered by groups.yahoo.com

    Powered by 

Blogger

    Template by
    Free Blogger Templates
    © SANTI