Tuesday, August 29, 2006
P0W3R
Do you know the power mean?
Power adalah kekuatan. Kuat apanya nih? Ya macam-macam. Buktinya ada Indonesia Power, ada sepatu merk Power, ada kata Powerful, ada apa lagi ya...yah pokoke banyak.
Power itu juga yang membuat seorang manusia mampu untuk melakukan sesuatu. Si power ini jika diterjemahkan ke dalam konteks rumah tangga, artinya power untuk menyediakan tenaga. Apa saja tenaganya itu? Ya apa saja yang membuat kehidupan rumah tangga berjalan. Eh, ini mestinya buat semua sisi kehidupan ya?
Oke deh, kita cerita tentang si power bernama listrik ini saja. Electricity power memegang peranan penting saat ini. Bukan hanya untuk menerangi, tapi juga digunakan oleh banyak orang untuk penghidupan. Tak sedikit industri yang mengandalkan powernya dari listrik, tak sedikit gedung yang bisa dibilang tak berfungsi bila powernya mati. Tak sedikit pula jasa, perdagangan, perjalanan dan denyut kehidupan yang akan berhenti bergerak saat tiba-tiba saja terjadi black out. Jangan ditanya tentang kerugian yang dialami banyak orang ttg kehilangan power in,tak terkecuali rumah tangga yang kebutuhan akan listriknya semakin hari semakin tinggi.
Karena aku hidup di Jakarta, maka aku melihat dengan jelas sekali ketergantungan yang tinggi terhadap listrik pada orang-orang Jakarta.
Tapi ditengah hiruk pikuknya orang-orang memasang listrik lebih dari 2000watt untuk sebuah rumah, rumah kontrakanku 'hanya' mengandalkan 900watt yang dibagi 3! Huahahaha...:))
Walaupun rumah kecil, tapi kebutuhan listriknya jangan ditanya. Sudah jamak bagi orang di Jakarta untuk punya minimal : TV,kulkas, Radio tape/VCD/DVD dan kipas angin. Ini ukuran standar. Belum jika ditambah kebutuhan suatu saat yang jg penting, misal menyetrika, memasang komputer (bila ada), memasak dengan rice cooker (bila ada), penggunaan magic jar (bila ada), oven listrik (bila ada), trus jg mesin air, mesin cuci, mesin jahit, dsb. Banyak deh...kalau dihitung.
Dengan 900 yang dibagi tiga, maka tak banyak pilihan buat aku untuk memakai kapasitas terpasang yang sangat standar. Hanya ada dua steker, steker itu hanya untuk kulkas (yang ngga boleh mati-banyak bahan makanan di situ), lalu TV. Walaupun TV ini jarang ditonton, tapi posisi stand by-nya harus tetap. Karena bila aku cabut dan memasang ulang, posisi saat dia pertama kali menarik listrik membuat power tiba-tiba saja black out!
Inilah uniknya. Dengan segala keterbatasan, setiap rumah harus sadar diri tidak boleh memakai lebih dari 300watt. Tapi jika saat dibutuhkan, sistem subsidi silang terjadi. Tak semuanya berjalan mulus, terkadang ada juga friksi-friksi.
Saling menyalahkan kerap terjadi. Hehehe...:P (aku ngga ikut-ikut karena lebih sering keluar rumah).
Pada saat power sedikit itu pula, aku jadi harus benar-benar memperkirakan kapan saat yang tepat untuk menyetrika, memasang DVD, dan yang paling tidak aku sukai, aku harus tahu kapan waktu terbaik memakai mixer! Ugh, padahal aku lagi semangat-semangatnya baking. Yang sayangnya cuma bisa aku lakukan di malam hari kalau hari kerja. Too bad...roti yang aku buat semalam jadi korban:((
Adonan roti yang tinggal sedikit lagi elastis tidak bisa diteruskan, karena "byar-pet"! Itu jam 10 malam. Demi tenggang rasa, jadilah proses selanjutnya menggunakan tangan. Ditarik dilipat, ditarik lagi dilipat lagi, begitu terus selama 15 menit. Pegel bow! Udah capek, ya udah dibentuk aja deh.
Walhasil, roti yang aku buat memang enak. Secara rasa dia oke, tapi karena fermentasi tidak berlangsung sempurna, maka hanya beberapa roti saja yang mengembang dengan baik, sisanya ...hihihi...no need to tell laah...:D
Inilah akibat tiadanya power. Nambah daya aja...(emang rumah siapa? Kalo rumah gw mah gak pa-pa kali')
No power no life...(apa iya begitu?)

=Fitri-YgLagiMaemRotiBikinanSendiri-nyam-nyam-nyam...=
posted by fsusanti @ Tuesday, August 29, 2006  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
website metrics
about me
My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Just an Ordinary Women, who still trying reaching her dreams.

Yang Baru-baru
Archives
Shout Box
Links
Friendz of Mine
Kelas Menulis
  • Kelas Menulis-Hasyim
  • Kelas Menulis-Jonru
  • Kelas Menulis-Anung
  • Kelas Menulis-Awi
  • Kelas Menulis-Hanok/Iyas
  • Kelas Menulis-Leni
  • Kelas Menulis-Lily
  • Kelas Menulis-Maya
  • Kelas Menulis-Meu
  • Kelas Menulis-Ning Harmanto
  • Kelas Menulis-Rina
  • Kelas Menulis-Sya
  • Kelas Menulis-Tati
  • Kelas Menulis-Tina
  • Kelas Menulis-Yuyun
  • THANK YOU FOR VISITING THIS WEBSITE. BE A GOOD MOSLEM WHEREVER and WHENEVER YOU ARE

    Subscribe to PermataCimanggis
    Powered by groups.yahoo.com

    Powered by 

Blogger

    Template by
    Free Blogger Templates
    © SANTI