Thursday, August 30, 2007
My Body Alarm
Terkadang badan kita bisa berfungsi sebagai alarm untuk kita sendiri. Mereka mengingatkan bila kita sudah keterlaluan atau kebangetan. Ngga percaya? Coba deh perhatikan badan sendiri, mereka pasti memberikan sinyal-sinyal peringatan sebelum akhirnya kita sadar.
Subhanallah....Allah SWT menciptakan manusia sebegitu sempurnanya. Tiada kurang tiada lebih..semua berfungsi sebagai komputer tercanggih dengan neuron-neuron yang saling terhubung. Menciptakan hal baru, berpikir hal baru dan menindak lanjuti keadaan. Maka manusia adalah makhluk yang paling bisa beradaptasi terhadap lingkungannya. Dimanapun dia berada. Sudah menjadi fitrah, bahwa perkembangan manusia memang mengikuti di mana ia tumbuh.
Back to our alarm ops...I mean My Body Alarm.
Dulu mungkin saya pernah kepikiran terhadap sesuatu dengan sebegitunya. Walhasil, alergi berat melanda. Ngga pernah nyangka alergi ini bisa menyiksa saya dengan puasnya. Capek sekali bolak-balik ke rumah sakit dan gonta-ganti dokter. Minum beragam obat yang mahal dan banyak (mostly antibiotik). Tapi tidak satupun dari mereka yang bisa tahu apa sebabnya (payah! mostly, dokter sekarang cuman pinter ngasih anti biotik dosis tinggi tanpa menyelesaikan root cause-nya).
Akhirnya, saya sendiri yang selidik punya selidik....kayaknya debu yang hinggap dipojokan menghasilkan karya yang parah terhadap sistem Body Alarm saya. Ngga bisa lama-lama di sana, dan tempat itu sepertinya sudah jadi sarang virus yang berbahaya. Begitu pindah ruangan hal itu masih saja terjadi. Finally....satu minggu di rumah sakit dan 1 minggu bed rest di rumah menyelesaikan masalah alergi ini.
Tapi satu dua kali setelah itu, saya masih terkena alergi itu. Datang ke kantor dengan mata seperti habis ditonjok atau bibir pengok sudah sering terjadi. Puanasnya jangan ditanya. Dari tahun ke tahun saya mempelajari badan saya sendiri. Dan saya tahu...ada sesuatu di dalam diri saya yang salah. Jadi, saya minimalisasi penyebab kesalahan itu. Alhamdulillah...sekarang jarang sekali saya terkena alergi ini.

Soal makanan, my body alarm bekerja lebih cepat. Jika yang saya makan terlalu banyak vetsin (MSG) di dalamnya, otomatis badan saya akan memberitahukan dengan datangnya pusing di kepala yang tidak bisa dijelaskan sebabnya. Hasilnya, setiap kepala saya pusing sehabis makan sesuatu, maka saya tidak akan lagi makan makanan itu. Ya iyalah...selain MSG yang memang tidak bagus untuk kesehatan, kepala pusingnya itu juga menyiksa.
Alarm di makanan juga berlaku di perut. Jika saya sudah lebih dari tiga hari terus menerus membeli makan di luar, perut saya akan bereaksi. Nah, jika sudah begini, maka saya harus stop dan makan makanan rumah. Hmm....boleh juga kan alarmnya? Jadi saya selalu makan makanan sehat dan segar. Karena memang tidak bisa dipungkiri, makanan jadi itupun terkadang adalah makanan lama. Sampai sekarang, saya masih rajin bawa bento dari rumah. Demi mencegah sesuatu terjadi pada perut yang cukup menyiksa booo...
Alarm selanjutnya dalam hal makanan adalah alarm di usus besar. Hehehe....jika makanan saya kurang serat, u know lah...bisa terjadi sembelit yang menyusahkan.

Body alarm juga berlaku kalau saya kurang olahraga. My body tell me thru the fat and my mobility. Kalau gerak refleks saya melambat, saya tahu...saya kurang olahraga.
Demikian juga jika saya agak moody dan murung, biasanya bisa dituntaskan dengan joging.
Iya lho! Olahraga bisa merangsang hormon endropin yang mengatur rasa bahagia. Jadi perasaan lebih rilexs dan tentu saja kalau happy, kulit juga terlihat lebih cerah.

Alarm berikutnya adalah alarm di dalam hati. Lho? Iya. Alarm di dalam hati adalah yang paling penting. Karena kalau kata hati bilang "tidak" tapi saya bilang "iya", usually bad things happens. Damn! I don't like that!
Jika saya lama tidak membaca Al Quran, hati saya akan mengingatkan dengan caranya sendiri. Bahwa saya terlalu lama tidak menyentuhnya.

Semuanya...semua peringatan yang diberikan tubuh pada kita adalah karunia ALLAH SWT yang patut kita syukuri. Maka dengan begitu kita bisa tetap hidup sehat, hidup bahagia...(halah! kok kayak iklan...??)

dan masih banyak lagi yang lainnya....*kalo semuanya dibeber di sini bisa berabe*

Jadi kayak apa alarm tubuhmu? pasti kamu doong yang lebih tahu...
posted by fsusanti @ Thursday, August 30, 2007  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
website metrics
about me
My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Just an Ordinary Women, who still trying reaching her dreams.

Yang Baru-baru
Archives
Shout Box
Links
Friendz of Mine
Kelas Menulis
  • Kelas Menulis-Hasyim
  • Kelas Menulis-Jonru
  • Kelas Menulis-Anung
  • Kelas Menulis-Awi
  • Kelas Menulis-Hanok/Iyas
  • Kelas Menulis-Leni
  • Kelas Menulis-Lily
  • Kelas Menulis-Maya
  • Kelas Menulis-Meu
  • Kelas Menulis-Ning Harmanto
  • Kelas Menulis-Rina
  • Kelas Menulis-Sya
  • Kelas Menulis-Tati
  • Kelas Menulis-Tina
  • Kelas Menulis-Yuyun
  • THANK YOU FOR VISITING THIS WEBSITE. BE A GOOD MOSLEM WHEREVER and WHENEVER YOU ARE

    Subscribe to PermataCimanggis
    Powered by groups.yahoo.com

    Powered by 

Blogger

    Template by
    Free Blogger Templates
    © SANTI